Berita:Pembinaan Pengelola Situs Sejarah Dinilai Kurang

Siaran Pers

TANA PASER. Camat Pasir Belengkong Ibnu Mansyah berharap semua sektor pemerintahan dapat saling bersinergi dalam menjaga situs peninggalan sejarah yang dimiliki Kabupaten Paser terutama di wilayah Kecamatan Pasir Belengkong.
Selama ini, Ibnu merasa kurang adanya pembinaan dari instansi-instansi terkait terutama dalam mengelola peninggalan sejarah yang ada di kecamatannya, dalam rangka  memunculkan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik minat wisatawan lokal maupun luar daerah.
“Dari tahun ketahun pengunjung situs sejarah terutama Museum Keraton Sadurengas itu semakin berkurang, disebabkan oleh tampilan atau sajian yang diberikan hanya itu-itu saja, dari zaman VOC hingga saat ini tidak ada perubahan,” ujar Ibnu, Selasa (12/7).
SKPD yang bertanggujawab yaitu Dinas Pariwisata selama ini dirasa belum melakukan tindakan, mengingat usaha yang dilakukan pihak kecamatan bersama dengan UPTD Pendidikan Pasir Belengkong dalam menggelar Gebyar Wisata Pasir Belengkong pada April lalu tanpa dukungan dari instansi terkait. “Kami di Kecamatan telah berusaha melalui Gebyar Pasir Belengkong, dengan tidak ada dana sama sekali, dengan bantuan teman-teman akhirnya bisa sukses dan banyak menarik perhatian masyarakat,” jelas Ibnu.
“Namun untuk kunjungan saat Idulfitri tahun ini kita tidak bisa berbuat banyak, dan ternyata pengunjung memang mengalami penurunan dari tahun lalu,” sambungnya.
Disampaikan Ibnu tidak ada yang disalahkan dalam hal ini, hanya saja ia berharap ada dukungan dan sinergitas antara pemerintah provinsi, daerah dan instansi terkait yang bertanggung jawab dalam bidang kepariwisataan. “Tidak ada yang disalahkan, namun kenyataannya memang pembinaan kepariwisataan, bagaimana seni budaya yang kita miliki dan cara mengelolanya, serta pemberdayaannya kurang selama ini,” bebernya.
Kemudian Ia berharap ada inovasi yang dimunculkan dinas pariwisata baik provinsi maupun kabupaten untuk setidaknya merubah tatanan museum, atau adanya penambahan hiburan sehingga dapat menarik perhatian wisatawan lebih banyak lagi. (nik/sal)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0669 detik dengan memori 2.77MB.