Berita:Pembangunan Paser Mengalami Kemajuan dari Waktu ke Waktu

Siaran Pers

TANA PASER- Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi menegaskan, selama lebih setengah abad  melalui berbagai ikhtiar bersama dari seluruh komponen masyarakat, pembangunan Kabupaten Paser  terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Berbagai kemajuan tersebut, merupakan hasil kerja keras, kesungguhan, komitmen, kebersamaan dan keberpihakan kepada rakyat.“Melalui kesempatan ini saya mengajak kita semua, jajaran birokrasi, dunia usaha dan segenap lapisan masyarakat, menjadikan momentum peringatan hari jadi ke-58 Kabupaten Paser, sebagai momentum untuk menumbuhkan tekad yang lebih besar dan membulatkan semangat untuk ambil bagian dalam mengisi pembangunan daerah ini,” kata Bupati dalam sambutannya saat memimpin upacara hari jadi Kabupaten Paser ke-58.

Menurut Yusrinasyah, dukungan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Paser adalah motivasi kami selaku pimpinan daerah untuk membawa Kabupaten Paser ini menjadi kabupaten yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan".

Pada kesempatan memperingati Hari Jadi ke-58 Kabupaten Paser ini, saya mengajak hadirin dan seluruh warga Kabupaten Paser, di mana pun berada, untuk mengenang jasa-jasa para pendahulu kita yang telah dengan ikhlas menyerahkan karya terbaiknya untuk kemajuan Kabupaten ini. Mereka yang dulu menjadi kepala daerah, pejabat tinggi sampai yang terendah, anggota DPRD atau pun tokoh politik, pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan siapa pun juga yang telah mengukirkan darma baktinya, mari kita doakan, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Yang Mahaesa, membalas jasa pengabdian mereka dengan limpahan rahmat yang agung. Semoga kita sebagai generasi penerus dapat meneladani dan meniru semangat dan perjuangan mereka,” kata Yusriansyah.

Suatu kebahagiaan lanjut Bupati  bagi Pemerintah Kabupaten Paser bahwa dalam usianya yang ke-58, beberapa capaian prestasi telah ditorehkan, antara lain RSUD h Panglima Sebaya dinyatakan lulus pada Uji Sertifikat Akreditasi Versi 2012 dengan status kelulusan Paripurna. Hal ini menandakan bahwa pelayanan RSUD Panglima Sebaya telah mencapai standar yang baik.

Untuk itu saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran manajemen dan segenap karyawan RSUD Panglima Sebaya. Prestasi kerja Saudara-saudara sangat membanggakan kami,” tandasnya.

Selanjutnya sebut Bupati, Kabupaten Paser meraih untuk keempat kalinya Opini WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan. Tentulah hal ini dicapai karena adanya ketaatan segenap Perangkat Daerah terhadap Standar Akuntansi Pemerintah.

Pada tahun 2017 ini, Menteri Pertanian Republik Indonesia menobatkan Pemerintah Kabupaten Paser sebagai kabupaten berprestasi pelaksana Program Asuransi Ternak Sapi (AUTS). Dinas Pertanian Kabupaten Paser berhasil mengasuransikan sebanyak 1.034 ekor ternak sapi, melebihi target polis yaitu 500 ekor ternak sapi. Selanjutnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah memberikan Lima Anugerah Kencana Tingkat Kalimantan Timur Tahun 2017. Penghargaan ini diberikan pada peringatan ke-24 Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Balikpapan,” sebutnya.

Penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia lanjut Yusrinasyah  atas kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Paser terhadap pengembangan pendidikan Islam MAN Insan Cendekia, Meraih kategori “Kabupaten Cukup Peduli HAM” dari Presiden Republik Indonesia.

Kabupaten Paser dinilai memenuhi tujuh parameter penilaian perlindungan HAM, yakni hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Bergesernya dari zona merah ke zona hijau hingga meraih penghargaan ini tentunya  atas kerja sama instansi yang terlibat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser seperti, Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Bappeda, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Sosial,” sebutnya.

Kabupaten Paser meraih dua Panji Keberhasilan Pembangunan, yaitu Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Bidang Koperasi pada HUT ke-60 Kalimantan Timur tahun 2017.

Pemberian anugerah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kepada Bupati dan Walikota peduli pendidikan PAUD. Penghargaan ini diserahkan oleh Ibu Iriana Jokowi kepada Bupati Paser di Tangerang.

“Pada momentum memperingati Hari Jadi Ke-58 Kabupaten Paser tahun ini, saya memberikan apresiasi kepada sejumlah Perangkat Daerah yang pada tahun 2017 ini telah menunjukkan upaya yang serius dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa inovasi layanan telah saya luncurkan pada tanggal 26 Desember 2017 yang lalu, yaitu Pelayanan perizinan secara online oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Hal ini merupakan upaya Kabupaten Paser dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan sekaligus merupakan upaya meningkatkan daya saing daerah,” sebutnya.

Selanjutnya sistem Informasi Kependudukan Ulun Paser (SIKUP). Dengan sistem informasi ini, masyarakat Kabupaten Paser diberi kemudahan dalam pelayanan kependudukan, antara lain dalam pelayanan akta kelahiran, pelayanan Kartu Identitas Anak, dan sebagainya. Untuk itu saya menyampaikan penghargaan kepada jajaran Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian dan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas kerja sama yang baik di antara kedua dinas ini.

Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada RS Muhammadiyah, Klinik Utama Permata Bunda, dan Bidan Praktek Swasta (BPS) Sayang Ibu atas kesediaan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Paser, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dalam rangka  pelayanan pembuatan akte kelahiran yang memungkinkan anak-anak yang baru dilahirkan di tempat pelayanan persalinan di atas, langsung mendapatkan akta kelahiran pada saat meninggalkan tempat pelayanan persalinan,”  ucap Bupati.

Pada tahun 2018 menurut Bupati,  optimis bersama- sama dan bekerja sama dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Paser hingga tahun 2021. Mari bergandeng tangan dan bersinergi untuk membangun Bumi Daya Taka yang kita cintai ini. Mari kita sama-sama untuk terus-menerus memberikan pengabdian yang terbaik untuk Kabupaten Paser. Landasi seluruh pengabdian kita dengan hati yang bersih. Tunjukkan upaya kita dengan bekerja keras, ikhlas dan cerdas  hingga kejayaan Kabupaten Paser yang kita banggakan ini terwujud,” katanya. (har-humas)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1742 detik dengan memori 1.05MB.