Berita:Paser Terima Penghargaan Sakip Kategori CC

Siaran Pers

TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018, yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (6/2). Kali ini Paser menerima penghargaan SAKIP kategori CC, naik satu tingkat dari tahun sebelumnya.

Bupati hadir bersama Sekretaris Daerah Katsul Wijaya dan sejumlah pimpinan instansi. Di antaranya Kepala Bappeda Muksin, Inspektur Inspektorat Dharni Hariyati, Kepala Bagian Pemerintahan Irwan Suryani dan Kepala Bagian Organisasi Parmadi Banyuaji.

Usai kegiatan, Bupati yang ditemui mengatakan bahwa Paser bisa lebih baik ke depan jika melakukan sejumlah perbaikan yang fundamental dalam sinkronisasi antara perencanaan, penganggaran dan manajemen kinerja. Bupati Yusriansyah merujuk pada testimoni beberapa kepala daerah yang telah sukses dengan nilai SAKIP A, adalah daerah-daerah yang mampu mengubah paradigma kerja menjadi kinerja.

Sementara itu, Irwan Suryani, mengatakan bahwa predikat CC berarti nilai akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Paser berada pada angka 50-60. Meski ada peningkatan dibanding saat dirinya menjabat sebagai Kepala Bagian Organisasi, Irwan setuju dengan Bupati bahwa Paser akan mengikuti grafik meningkat dalam penilaian SAKIP.

Untuk diketahui, Kementerian PAN&RB menerapkan nilai akuntabilitas kinerja dengan mengidentifikasikan kemampuan instansi pemerintah yaitu merencanakan target kinerja, menyelaraskan apa yang akan dikerjakan dengan target kinerja, menyelaraskan apa yang dianggarkan dengan apa yang akan dikerjakan, mengerjakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja, dan melaporkan capaian kinerja selaras dengan apa yang telah dilaksanakan dan direncanakan sebelumnya. (aks) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1342 detik dengan memori 1.04MB.