Berita:Paser – Banyuwangi Sepakati Naskah Kerjasama

Siaran Pers

TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser dan Kabupaten Banyuwangi menandatangani kesepakatan bersama tentang peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Kesepakatan ditandatangani Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang berlangsung di halaman belakang pendopo Kabupaten Banyuwangi, Selasa (10/10). Dalam kesepakatan itu Bupati Paser selaku pihak kesatu dan Bupati Banyuwangi selaku pihak kedua.
            Ada empat poin penting dalam kesepakatan itu. Yaitu, pertama, penyediaan database yang terpadu mengenai kondisi di daerah, baik dari aspek perencanaan, pengelolaan keuangan, aset daerah, kepegawaian/aparatur daerah maupun pelayanan publik.
            Kedua, penyediaan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat untuk manajemen pemerintah daerah. Ketiga, peningkatan kapasitas aparatur daerah daam penguasaan dan pendayagunaan teknologi informasi yang lebih baik. Keempat, penguatan basis pemerintah daerah dalam melaksanakan otonomi daerah.
        Dalam sambutannya Yusriansyah mengatakan bahwa kerjasama dengan Banyuwangi ini merupakan salah satu titik tolak yang sangat penting untuk menentukan rumusan beberapa kebijakan ke depan, oleh karena Banyuwangi adalah salah satu daerah yang telah sukses meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan melalui sistem manajemen perencanaan dan penganggaran yang transparan serta akuntabel.
        ”Kabupaten Banyuwangi, sepanjang yang kami ketahui adalah salah satu daerah yang sukses dalam penyusunan laporan keuangan, dan memiliki sistem informasi yang tepat, sehingga mendapatkan penghargaan serta maksimal dalam peningkatan pelayanan publik,” sebut Bupati.
            ”Hal-hal ini yang kemudian menarik minat kami untuk datang ke sini, selain mengukuhkan hubungan dalam sebuah bentuk kerjasama yang formal, sengaja kami membawa sejumlah pimpinan Perangkat Daerah agar bisa lebih khusus dan lebih teknis mempelajari hal-hal yang ada di Kabupaten Banyuwangi, yang nantinya bisa secara maksimal diadopsi, ditiru dan diterapkan di Kabupaten Paser,” jelasnya.
            Bersama Bupati, ada ketua DPRD Paser H Kaharuddin, dan Sekretaris Daerah Drs Aji Sayid Fathur Rahman Msi. Sejumlah pimpinan Perangkat Daerah atau perwakilan yang juga hadir di antaranya Asisten Umum Arif Rahman, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muhammad Fauzy, Kepala Bagian Umum M Sabir, Kepala Bagian Hukum Andi Azis, Sekretaris Bappeda Muksin, Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hamdani, Kepala Bidang Aset Zailani, Kepala Subbagian Kerjasama Daerah Norjanah, dan Kepala Subbagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Najaluddin. (aks)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1395 detik dengan memori 0.94MB.