Berita:Paramedis Positif Rapid Test, Puskesmas Long Ikis Tutup Sementara

Siaran Pers

TANA PASER –Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Paser melakukan rapid test atau tes cepat Covid-19 bagi paramedis dan pegawai di Puskesmas Long Ikis. Hasilnya, ada 34 orang yang hasil rapid testnya dinyatakan reaktif. Dampak dari hasil ini adalah ditutupnya salah satu Puskesmas Rawat Inap terbesar di Paser itu mulai hari ini, Kamis (30/4).

Kepala Dinas Kesehatan Amir Faisol yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Paser mengatakan penutupan ini bersifat sementara, namun tidak ditentukan jangka waktunya. “Saat ini semua tindakan medis dihentikan di Puskesmas Long Ikis. Ada satu pasien rawat inap dikembalikan ke rumahnya,” jelas Amir Faisol saat konferensi pers, Kamis sore.

Amir Faisol menyampaikan pesan kepada masyarakat sekitar Puskesmas Long Ikis yang akan berobat disarankan untuk beralih ke Puskesmas Kayungo atau Krayan Jaya. Adapun 34 pegawai yang dinyatakan positif pada rapid test diisolasi di Puskesmas sejak Kamis sore sambil menunggu rapid test kedua yang akan dilaksanakan pekan depan. “Semua kebutuhan konsumsi mereka ditanggung,” kata Amir Faisol.

Kegiatan rapid test di Puskesmas Long Ikis ini adalah sebagai tracking atau pelacakan atas salah satu pasien Covid-19 Paser yang dinyatakan positif melalui swab beberapa waktu lalu, yaitu Psr 2. Pasien yang merupakan klaster Balikpapan ini sebelumnya berobat di Puskesmas Long Ikis sebelum dirujuk ke RSUD Panglima Sebaya sebagai pasien PDP.

Selain pada pegawai Puskesmas, tracking dan rapid test akan dilakukan terhadap keluarga dan orang-orang yang pernah bersama dengan Psr 2 sejak pulang dari Balikpapan hingga masuk RSUD. Kegiatan yang sama juga akan dilakukan di dua lokasi di Long Kali. Yaitu pada keluarga dan kerabat pasien Psr 6, dan keluarga dari santri Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan yang baru saja pulang.

Pada konferensi pers ini hadir satu anggota DPRD Paser yakni Hamransyah. Dia memberikan solusi lain, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat Long Ikis tetap jalan. Yaitu 34 orang yang sedang isolasi dipindahkan ke tempat lain dan Puskesmas Long Ikis disterilisasi. (aks)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2838 detik dengan memori 1.04MB.