Berita:Pagi ini Seluruh Kafilah Diajak Rekreasi

Siaran Pers

TANA PASER- Selesai mengikuti rangkaian lomba, ratusan kafilah MTQ ke-41, dari  10  kabupaten dan kota se Provinsi Kaltim  diajak untuk melakukan rekreasi, Selasa (3/9) hari ini.

    Panitia seksi hiburan dan rekreasi  MTQ ke-41 Kaltim  mengajak seluruh kafilah rekreasi ke obyek Wisata Museum Sadurengas Pasir Belengkong, Kampung Warna-Warni Desa Janju dan pemandian Desa Kasungai atau  Goa Tengkorak Kecamatan Batu Sopang.

    Di  Museum Sadurengas, para kafilah  diajak  untuk melihat peninggalan benda-benda sejarah Paser dan termasuk peninggalan batu Indra Giri yang menandakan masuknya Islam di Bumi Daya Taka serta Masjid Nurul Ibadah.

     Masjid tertua  di Paser dan menjadi salah satu cagar budaya ini menjadi saksi bisu sejarah perkembangan Islam di Tanah Paser, berdiri kukuh di samping Museum Sadurengas, Kecamatan Paser Belengkong Dari cacatan sejarah, awal pembangunan masjid ini pada zaman Sultan Ibrahim Khaliluddin yang berkuasa pada abad ke-19.

    Pilihan lainnya adalah kampung warna-warni Janju Kecamatan Tanah Grogot. Pariwisata  berbasis masyarakat atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini dipilih Kementerian Pariwisata sebagai 2 Pokdarwis terbaik di Bumi Etam (Kaltim) dan menjadi wakil tingkat nasional. Selain itu wisata Warna -warni ditetapkan sebagai Wisata Peduli Imflasi  baru-baru ini oleh Bank Indonesia.

    Selain itu adalah obyek wisata  Kasungai Kecamatan Batu Sopang. Di lokasi obyek wisata yang mengandalkan pemadian serta permainan air ini, juga terdapat goa  alam  berasal dari jaman Kaharingan dan merupakan situs peninggalan sejarah yakni berupa Goa Tengkorak.    

    Kabag Bina Kesra II Setda Paser H Arifin  mengatakan, tujuan dilaksanakannya rekreasi ini selain untuk menghibur peserta kafilah yang sebelumnya sudah beberapa hari melaksanakan lomba, juga untuk mengenalkan obyek wisata di Kabupaten Paser. (har-/humas)

 

 

 

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0784 detik dengan memori 2.78MB.