Berita:Optimalkan Profesionalitas Guru, Tim Akademik MAN IC Paser Sosialisasikan Buku Kerja

Siaran Pers

Tana Paser - Mengawali semester genap tahun ajaran 2020/2021, tima kademik MAN IC Paser melaksanakan sosialisasi Buku K1 smpai K4 guna mengoptimalkan kinerja guru MAN IC Paser tahun 2020/2021, Senin (8/2) bertemapat di Ruang Rapat MAN IC Paser yang diikuti seluruh guru MAN IC Paser baik yang PNS, CPNS maupun PPNPN. Berkenaan dengan masa pandemic Covid- 19, pelaksanaan sosialisasi tetap mengacu pada protocol kesehatan.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Madrasah, Khoirul Anam, M.Pd.I yang dalam sambutannya menegaskan bahwa guru perlu perencanaan yang matang dalam mengelola pembelajaran dalam rangka meningkatkan komitmen mutu yang sudah tertuang dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) Kepala Madrasah. “Guru harus melengkapi semua perangkat pembelajaran dan khusus kepada  CPNS dan PNS baru di lingkungan MAN IC Paser hendaknya segera dapat beradaptasi untuk memudahkan proses akreditasi di tahun 2023,” jelas Khoirul Anam.

Sosialisasi yang dipimpin Wakil Kepala Bidang Akademik, Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag juga menyampaikan pengaplikasian tugas pokok pendidik, yakni komitmen menjaga mutu, menjadi teladan, semangat kerja, menganalis siswa secara utuh, mencari informasi terkini, satu suara ketika bertindak, senantiasa kreatif dan inovatif, serta komitmen sisa hidup untuk pengabdian. “Guru harus senantiasa berinovasi dan memacu siswa untuk bereksplorasi dalam setiap pembelajaran sehingga salah satu target MAN IC Paser yakni diterimanya lulusan MAN IC Paser di Perguruan Tinggi yang berkualitas minimal 90%, baik di dalam maupun di luar negeri benar-benar dapat tercapai.” paparnya.

Pemaparan tentang Buku K1 hingga Buku K4 disampaikan oleh coordinator evaluasi dan pembelajaran, Idmat Hajar Ismail, S.Pd.I. Beliau memaparkan Buku Kerja 1 meliputi: SKL, KI, KD, Silabus, RPP, dan Analisis KKM. Selanjutnya Buku Kerja 2 meliputi: kode etik, ikrar guru, tatib guru, pembiasaan guru, kalender Pendidikan, alokasi waktu, prota, prosem dan jurnal guru. Buku Kerja 3 meliputi: daftar hadir, daftar nilai, penilaian akhlak, analisis hasil ulangan, program perbaikan dan pengayaan, daftar buku pegangan guru siswa, jadwal mengajar, daya serap siswa, kisi-kisi soal, kumpulan soal, analisis butir soal, dan perbaikan soal. Yang terakhir Buku Kerja 4 meliputi: Daftar evaluasi diri kerja guru dan program tindak lanjut kerja guru. Idmat yang juga Guru Matematika ini mengigatkan agar guru memperhatikan setiap komponen yang ada dan memperhatikan KKM setiap tingkatan kelas, serta menyeragamkan format dari keempat buku kerja tersebut.

Sebagai penutup, Kepala Madrasah mengingatkan agar para guru membangun komunikasi dengan alumni MAN IC Paser dan memohon kerjasama, sinergitas dan kebersamaan seluruh GTK MAN IC Paser mengingat beban prestasi yang dimiliki MAN IC Paser. Yakinlah, dengan bersama kita pasti bisa.*(Humas_ICPaser)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1206 detik dengan memori 0.94MB.