Berita:Memahami Sikap Kepahlawanan, Fathur: Hendaknya Tertanam Keinginan Menjadi Pahlawan

Siaran Pers

Tana Paser – Pada bulan November terdapat satu peristiwa penting yang dijadikan sebagai hari peringatan nasional  yaitu Hari Pahlwan. Hari yang jatuh pada 10 November ini seyogyanya menjadi bahan renungan bagaimana sikap dan sifat seseorang yang disebut pahlawan.

            AS Fathur Rahman Sekda Paser menyampaikan empat poin pemikirannya pada apel di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Paser, Senin (6/11) tentang sikap-sikap yang dimiliki oleh pahlawan, baik pahlawan nasional maupun pahlawan revolusi. “Pertama, mencintai kebenaran dan keadilan. Untuk mencintai kebenaran harus tahu dulu kebenaran itu seperti apa. Apakah ada manusia yg tidak mencintai kebenaran dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus memiliki referensi tentang kebenaran kemudian mencintai kebenaran tersebut sehingga ketika kebenaran itu terganggu maka akan bereaksi. Orang yang bereaksi terhadap penistaan kebenaran maka berpotensi menjadi pahlwan. Tetapi tergantung lagi apakah memiliki sikap yang kedua”, ungkapnya.
            Lebih lanjut ia menguraikan poin kedua yaitu sikap berani. Yang dimaksud berani adalah berani mengungkapkan kebenaran dan berani koreksi terhadap sesuatu yang salah. “Keberanian mengungkapkan kebenaran ini menunjukkan seberapa besar kecintaannya terhadap kebenaran”, jelasnya.
            Ketiga, selain berani seseorang dapat jadi pahlawan ketika dia rela berkorban yang mendahulukan kepentingan orang lain dan kepentingan yang lebih besar. “Misalnya, ada demonstrasi yang kemudian tujuannya tercapai tetapi tidak disebut pahlawan karena bisa jadi hanya memperjuangkan kepentingan diri sendiri bukan kepentingan yang lebih besar”, terang Sekda. Dan keempat, mampu dan mau kerja sama dengan banyak orang.
        Di akhir amanatnya, Fathur berharap dalam diri kita masing-masing tertanam keinginan menjadi pahlawan. “Sebagai kepala keluarga, kehadiran  kita harus berguna bagi keluarga dan orang sekitar meskipun tidak mendapat gelar pahlawan”, harapnya. (hms-dft)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1532 detik dengan memori 0.96MB.