Berita:Lagi 6 Siswa MAN IC Paser Meraih Prestasi Nasional

Siaran Pers

Tana Paser - Seolah tak ada kata henti untuk berpretasi. Kalimat inilah yang laik disandang oleh MAN Insan Cendekia Paser. Betapa tidak. Enam siswanya berhasil meraih prestasi nasional dan memperoleh beberapa medali dalam ajang Indonesian Youth Science Comptetition (IYSC) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2020. Minggu, 25 Oktober 2020. Keenam siswa tersebut sesuai dengan bidang studinya adalah ; Bidang Studi Astronomi: Luvita Dwi Arifta Vebrianti(medali perak), Syah Muhammad Sulthon (medali perak), dan Andi Muhammad Rouzan Ilham (medali perunggu); Bidang studi Biologi: Muakhilah Feby Bariya (medali perak) dan Dewi Isayana (medali perunggu); Bidang studi Geografi: Aqila Ariyanti (medali perak).

Pelaksanaan IYSC oleh POSI rutin dilaksanakan beberapa kali event lomba setiap tahunnya. Menurut Direktur Utama POSI, Fahruroji, bahwa IYSC ini dilaksanakan bertujuan untuk menjadikan sarana evaluasi kemampuan siswa untuk sekolah atau madrasah dalam menentukan bibit-bibit unggul siswa untuk kemudian diikutkan dalam kompetisi sains. Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa seluruh Indonesia agar dapat merasakan kompetisi dalam skala Nasional.

Kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam, M.Pd.I merasa sangat bersyukur atas capaian prestasi Nasional siswanya.  Ini merupakan hadiah sumpah pemuda bagi kabupaten Paser. MAN IC Paser yang dibangun Bersama antara Pemerintah Kabupaten Paser dan Kementerian Agama RI hadir sebagai salah satu berkah bagi Provinsi Kalimantan Timur karena MAN IC merupakan madrasah unggul yang memiliki visi sama di seluruh Indonesia yaitu “Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu mengaktualisasikan dalam masyarakat serta peduli lingkungan hidup.” Dalam meuwujudkan visi tersebut seluruh civitas akademika MAN IC Paser mencari wadah untuk mengasah, mengasuh, dan mengasih siswanya agar talenta yang dimiliki setiap siswa muncul dalam bentuk prestasi, baik akademik maupun nonakademik. Terbukti, dalam event IYSC 2020 ini, siswa kami menunjukkan eksistensinya menjadi jawara dan medalis. Saya sebagai nahkoda MAN IC Paser selalu bersyukur atas komitmen siswa kami untuk selalu berprestasi di bidangnya masing-masing. Terima kasih juga saya sampaikan kepada guru-guru pembimbing yang selalu memiliki jiwa pengabdian dan perjuangan untuk memberikan yang terbaik serta membawa nama baik almamater dan daerah Kabupaten Paser ke tingkat Nasional dan Go Internasional. Semoga menjadi amal jariah bagi kita semua.

Atas prestasi membanggakan ini, Ketua Komite MAN IC Paser, H. Andi Sugara juga merasa sangat bangga dan berbahagia seraya mengucapkan Alhamdulillah…Selamat kepada 6 peserta peraih medali perak dan perunggu. Selamat buat generasi juara MAN IC Paser Angkatan ke 5 dan Angkatan ke 6 . Semoga prestasi yang telah kalian raih ini menjadi pemicu semangat kalian dan teman -teman yang lain untuk terus berprestasi dan berprestasi.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) MAN IC Paser, Andi Dwi Hermawan, S.Pd., juga mengucapkan Selamat buat para medalis. Guru Pengampu Bidang Studi Biologi ini berpesan kepada para medalis agar prestasi yang telah diraih dijadikan pemicu dan pemacu untuk menjadi lebih baik lagi di masa akan datang. Teruslah belajar dan berlatih lebih giat dan keras lagi hingga kalian dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi yakni menjadi juara dan medalis pada event tingkat internasional.

Terakhir, salah satu peraih medali perak IYSC bidang studi Biologi, Muakhilah Febi Bariya berkomentar melalui WA, saya bersyukur dan mengucapkan alhamdulillah. Dengan merendah, Siswa Kelas XI IPA1 ini mengatakan bahwa semua yang saya dapatkan selama ini termasuk medali perak IYSC ini adalah karena bantuan dan pertolongan Allah. Kedepannya akan saya usahakan lebih baik lagi dan semoga dapat membanggakan kedua orang tua saya, ustaz dan ustazah serta membawa nama baik MAN IC Paser, baik  di kancah Nasional maupun Internasional. Mohon doa dari semua ustadz ustadzah.

Untuk diketahui bahwa IYSC yang dilaksanakan oleh POSI setiap tahun diikuti oleh ribuan siswa seluruh Indonesia dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Oleh Lembaga POSI selalu memberikan medali emas, perak, dan perunggu kepada para juara untuk setiap tingkat dan bidang studi yang biasanya diperlombakan dalam event Kompetisi Sains Nasional (KSN), dulu Olimpiade Sains Nasional (OSN). Khusus untuk tingkat SMA/MA ada 9 bidang studi yang dilombakan yakni Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, Astronomi, Kebumian, Komputer, dan Ekonomi.(humas_ICPaser)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1794 detik dengan memori 0.96MB.