Berita:Hari Pertama Tes CPNS di Tinjau Bupati

Siaran Pers

TANA PASER- Sesuai jadwal yang ditetapkan, ribuan pelamar CPNS Kabupaten Paser  menjalani seleksi  kompetensi dasar (SKD) di ruang  Asesmen Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Paser, Komplek Kantor Bupati Paser.

Pelamar yang mengikuti tes CPNS berdasarkan data dari  BKPP  Kabupaten Paser sebanyak 1.512 orang dengan tahapan SKD dengan metode Computer Assisted Test (CAT) secara online.

Untuk memastikan pelaksanaan tes berjalan dengan lancar, Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi, Sabtu (10/11)  melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi tes.

Saat meninjau Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Aji Sayid Fathur Rahman dan Asisten Umum dan Administrasi Setda Paser Arif Rahman serta Kepala BKPP Paser Untung.

Seleksi CPNS ini diperkirakan akan digelar hingga tanggal 15 November, dan pelaksanaan tes dibagi menjadi beberap sesi dimana setiap sesisnya diikuti 50 peserta.

Bupati Yusriansyah berharap pelaksanaan tes CPNS berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan. Selan itu, orang nomor satu di kabupaten paling selatan di provinsi Kaltim ini,  mengapresiasi pelaksanaan tes SKD yang sudah sesuai prosedur dan peserta diharapkan bisa serius dalam mengikuti tes. “Semoga pelaksanaan tes CPNS ini berjalan lancar tanpa ada hambatan,” harap Bupati.

Untuk diketahui, terdapat ketiga kelompok materi soal seleksi kompetisi dasar. Tiga  kategori soal, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta paling tidak harus memenuhi point minimal pasing grade atau ambang batas yang telah ditentukan di setiap kategori tersebut. Untuk TWK nilai minimal yang harus terpenuhi yaitu 75 poit, TIU 80 point dan TKP 143 poit.

Kepala BKPP Untung menyebutkan peserta yang lolos SKD akan mengikuti seleksi selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB) dan berharap dari seleksi CPNS ini dapat memenuhi kuato di Paser yang jumlahnya sekitar 177 orang.

Untuk diketahui, secara keseluruhan pemerintah menerima 238.015 CPNS untuk penempatan di pemerintah pusat dan daerah. Rinciannya, 51.271 formasi untuk penempatan di 76 kementerian/lembaga dan 186.744 formasi di 525 instansi daerah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 177 formasi tersedia di Kabupaten Paser. Tiga formasi prioritas adalah tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis(har-/humas)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.3049 detik dengan memori 2.43MB.