Berita:Gubernur : Kaltim Tidak Lama Lagi Ekspor

Siaran Pers

Pemprov Realisasikan Pembangunan Bendungan Lambakan dan Telake

TANA PASER- Kehadiran Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak di Desa Kerang Dayo dalam rangka panen raya jagung hibrida, Senin (6/3) membuktikan keseriusan orang nomor satu di Provinsi Kaltim ini dalam hal mendukung program nasional swasembada pangan.

Karena menurut Gubernur Awang Faroek dalam sambutannya,  Pemprov secara konsisten melaksanakan program pertanian, khususnya yang berkaitan upaya meningkatkan produksi.

“Insya Allah tidak lama lagi kita ekspor. Tidak lagi impor padi, jagung, kedelai, daging, ikan, dan sapi dari luar negeri, karena swasembada komoditi ini bisa disukseskan di Kaltim,” katanya di hadapan petani.

Menurut Gubernur, sejauh ini Pemprov Kaltim sudah bekerjasama lintas sektor seperti TNI AD untuk mengejar target swasembada beras dan pangan. Di Kaltim dilaksanakan di beberapa wilayah, khususnya Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU) yang ditetapkan sebagai daerah yang akan swasembada pangan.

Hanya saja  kata Gubernur  target meningkatkan produktifitas lahan pertanian harus didukung ketersedian pasokan air yang memadai. Karena ke depan pemprov menargetkan segera menyelesaikan Bendungan Lambakan dan Bendungan Telake di Kabupaten Paser yang nantinya diharapkan menjadi sumber pengairan lahan pertanian di kedua kabupaten sentra pengembangan pertanian tersebut.

“Pada saatnya kedua bendungan akan selesai, tapi bersabar karena yang dibangun secara nasional di seluruh Indonesia. Yakinlah pada saatnya kita akan dapatkan dukungan pembangunannya,” sebutnya.

Sebelumnya diakui Gubernur  sudah ada program pipanisasi mengalirkan air Sungai Telake ke lahan pertanian. Setidaknya keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pengairan pertanian.

“Terima kasih kerjasama kolaborasi Pemprov melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat dan pertanian, Kodam VI Mulawarman, Korem  beserta jajaran hingga babinsa. Sudah lihat pelaksanaan pipanisasi berjalan baik. Silakan manfaatkan air untuk meningkatkan produksi di tanah air,” kata Gubernur dengan semangat. (har-)

 

 

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1456 detik dengan memori 0.94MB.