Berita:Gubernur Apresiasi Kelompok Gawi Bersama Sukses Melakukan Integrasi Sapi -Sawit

Siaran Pers


TANA PASER- Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor melakukan kunjungan ke mini ranch (kandang penggembalaan mini) kelompok Gawi Bersama di Desa Saing Kerupuk Kecamatan Batu Engau, Jumat (15/10/2021).

Program integrasi sawit-sapi yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Paser ini telah berhasil, dan  Gubernur berikan  apresiasi  saat melakukan kunjungan kerja. 

Isran didampingi Wakil Bupati Paser Hj Sarifah Masitah Assegaf, Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Kaltim dan Kadis Peternakan Paser, diawali penyampaian laporan Ketua Kelompok Jumaran.

  Menurutnya, pada  tahun 2015, kelompok ini dibantu 50 ekor sapi oleh provinsi, hingga saat ini jumlahnya sudah meningkat menjadi 200 ekor sapi lebih dan ini belum termasuk sapi yang telah dijual.

“Luas areal lahan sawit yang menjadi kawasan peternakan mencapai 50 hektare, dan urusan prestasi, kita pernah menjadi wakil kabupaten Paser dan sukses yang terbaik pada lomba peternakan tingkat  Kaltim,” kata Jumaran.

Setelah menerima laporan dan termasuk beberapa harapan dari peternak, Gubernur Isran bersama  Wabup Masitah meninjau kawasan  inseminasi buatan dan di dimanfaatkan Gubernur Isran untuk melakukan audiensi dengan anggota  kelompok peternak sapi yang ada di Desa Saing Krupuk.

Gubernur Isran mengatakan, program integrasi sawit-sapi di Paser terbilang sukses. Peternakan sapi diarel kebun sawit dikelola dengan baik sehingga antara sawit dan sapi saling membutuhkan. 

“Sapi makan di sekitar sawit dan kotorannya digunakan untuk pupuk sawit," ujar Isran dihadapan peternak. 

Ia mengatakan, usaha peternakan selalu memiliki potensi sinergitas dengan usaha lain yang membuat sistem produksi secara keseluruhan bisa menjadi lebih efisien, salah satunya adalah ternak sapi. 

“Kalau peternaknya sukses dan punya prestasi, Pemprov tidak akan tinggal diam dan akan selelu memberikan perhatian,” kata Isran. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1409 detik dengan memori 0.94MB.