Berita:Gali PAD, Bupati Minta Jajarannya Gali Potensi Daerah Lebih Optimal

Siaran Pers

TANA PASER- Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dan termasuk Camat serta unsur pemerintahan terbawah yakni Kepala Desa  harus bekerja maksimal dalam menggali potensi daerah di berbagai sektor. Ini upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu dikatakan Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi saat Musrenbang. Katanya, selama ini potensi yang ada belum digali maksimal akibat mengharapkan Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan Gas (Migas) dari pemerintah pusat.

"Saat ini kita tidak bisa lagi melakukan berbagai program pembangunan hanya  dengan mengharapkan DBH Migas dari pusat. Karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kita dari tahun 2016 dan 2017 ini terjadi pemotongan luar biasa. Untuk itu, kita harus bisa mandiri dengan memanfaatkan potensi yang ada agar PAD kita bisa meningkat," ujarnya.

Menurutnya, APBD Kabupaten  Paser telah  terjadi defisit  yang cukup besar. Pemotongan yang besar tersebut berdampak tertundanya pelaksanaan pembangunan yang telah disusun dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada 2017 .

"Dengan adanya pemangkasan ini tentunya SKPD dan kita semua harus bekerja keras dengan cara memanfaatkan potensi yang ada untuk dikembangkan. Daerah kita masih banyak potensi yang bisa digali untuk meningkatkan PAD,  diantanranya sektor  perpajakan,  PBB  dan lainnya," sebutnya.

Yusriansyah  menekankan, agar SKPD dan termasuk kecamatan dan desa  bekerja semaksimal mungkin. "Sekarang ini kita tidak lagi bisa main-main. Harus kerja esktra agar PAD kita bisa di tingkatkan. Kalau tidak bagaimana kita bisa melaksanakan pembangunan. Karena itu, gali potensi-potensi daerah untuk meningkatkan PAD," pungkasnya. (har-)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2009 detik dengan memori 0.96MB.