Berita:Fatwa MUI tentang Penggunaan Vaksin Measles Rubella (MR)

Siaran Pers

Polemik Halal Haram, Boleh Jika Terpaksa


TANA PASER – Polemik halal haram vaksin MR telah menemukan titik terang. Pasalnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa MUI Nomor 33 tahun 2018 tentang penggunaan Vaksin Mrdari SSI untuk imunisasi. Penggunaan vaksin dibolehkan atau mubah karena ada kondisi terpaksa atau darurat syariah) dan belum ditemukannya vaksin MR yang halal dan suci. Namun demikian, MUI menekankan kepada pemerintah dan produsen wajib mengupayakan vaksin halal sebagai vaksin imunisasi masyarakat.


Selain itu, produsen vaksin juga wajib mengupayakan produksi vaksin yang halal dan menyertifikasi halal produk vaksin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.


Saat menurut MUI, bahwa memenuhi unsur kedaruratan k
arena saat ini banyak terjadi kasus campak dan rubella. Penyakit ini tergolong menular dan berbahaya karena bisa menyebabkan cacat permanen dan kematian. Anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan terkena penyakit.


Untuk itu diharapkan setiap muslim tidak lagi was-was dan tidak ragu serta dapat menyebarkan fatwa ini. Karena Fatwa MUI tersebut dapat dijadikan acuan masyarakat. (df)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0583 detik dengan memori 2.77MB.