Berita:Dirjen PKHL Canangkan Hutan Energi di Suweto

Siaran Pers

                        Dirjen panen padi usai mencanangkan hutan energi di Desa Suweto.


TANA PASER – Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kendilo yang berlokasi di Desa Suweto Kecamatan Muara Samu adalah salah satu unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang diharapkan bisa membantu daerah dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kedaulatan energi.

Ini dimungkinkan terjadi oleh KPHP Kendilo dalam kapasitasnya sebagai unit kerja yang bergerak di bidang multibisnis. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) Kementerian LHK Ida Bagus Putera Parthama, saat memberikan sambutan tertulis Menteri LHK di acara panen pagi dan pencanangan hutan energi di Desa Suweto, Selasa (23/5).
           Hanya saja, menurut IB Putera Parthama untuk mencapai tujuan di atas, tidak cukup hanya dengan mengandalkan KPHP untuk bisa maksimal tanpa dukungan pihak lain. “Ada pihak lain yang berperan penting seperti masyarakat dan dunia usaha,” kata Putera.
          Disebutkan, peran perusahaan swasta akan sangat berperan untuk membantu perwujudan ketahanan energi, kemudian masyarakat khususnya kelompok tani setempat berperan serta secara penuh. Di wilayah Suweto ada dua perusahaan yang beroperasi, salah satunya AAMU. Adapun kelompok tani yang berada di bawah kendali PKHP Kendilo adalah Kelompok Tani Hutan Alas Taka.
           Kegiatan ini mengambil tema Pembangunan Ekonomi Hijau yang berkeadilandan berkelanjutan. Sekretaris Daerah Kabupaten Paser AS Fathurrahman hadir mewakili Bupati Paser, sementara itu pihak provinsi diwakili Asisten Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah, didampingi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Wahyu Widhi Heranata. (ak)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1399 detik dengan memori 1.04MB.