Berita:Dinas Kearsipan dan ANRI Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis &Aplikasi SIKD

Siaran Pers

TANA PASER- Perkembangan teknologi memberi imbas positif bagi dunia kerja, terutama yang berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi penyelesaian pekerjaan, tidak terkecuali dalam pengelolaan tata persuratan dan kearsipan. Sejalan dengan program kerja pemerintah yang menghendaki alur persuratan dan arsip dikelola secara elektronik, maka diperlukan sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi yang bisa menunjang pengerjaan tugas-tugas administrasi dan kearsipan.

        Untuk mewujudkan pelaksanaan itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaam Kabupaten Paser bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)Jakarta menggelar Bimbingan teknis pengelolaan Arsip Dinamis dan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser yang dibuka Wakil Bupati Paser H Kaharuddin.

        Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni dari tanggal 19-21 November di Hotel Bumi Paser  diikuti seluru perwakilan OPD, Bagian di lingkungan Setda Paser serta 10 kecamatan dan lurah  se-Kabupaten Paser serta jajaran Kearsipan dan Perpustakaan Paser.

        Sekretaris Kearsipan dan Perpustakan Paser Sutomo  menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini dapat menjadi bagian dari kebijakan dan kegiatan pembinaan ANRI seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pentingnya arsip bagi sistem pemerintahan.

        “Dalam bimtek ini, kita menghadirkan dua nara sumber dari Arsip Nasional yakni Arsiparis Madya Drs  Bambang Iwan M.Hum dan Arsiparis Mahir Achmad Sabiqun S.AP,” sebutnya.

        Selain itu menurutnya,  diselenggarakannya bimtek adalah tercapainya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip melalui percepatan penerapan E-Arsip dengan menggunakan aplikasi SIKD di lingkungan organisasi perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan se- Kabupaten Paser. (har-/humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.0774 detik dengan memori 2.78MB.