Berita:Dermaga Senaken juga akan Direvitalisasi

Siaran Pers

TANA PASER – Selain kepastian untuk pembangunan pelabuhan di Muara Telake, Paser juga mendapat angin segar untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian Perhubungan terkait revitalisasi Pelabuhan Senaken. Selama ini memang pelabuhan ini sudah berfungsi namun belum bisa maksimal karena adanya pendangkalan di Sungai Kandilo.

Pendangkalan ini kemudian menjadi hambatan karena kapal besar dengan muatan tertentu harus menunggu hingga air pasang agar bisa berlabuh.

Namun langkah ril untuk revitalisasi dermaga ini belum disampaikan karena menunggu laporan dan data resmi dari Pemerintah Kabupaten Paser. Sementara rencana pengerukan yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ina Rosana rupanya tidak bisa dilaksanakan.

“Paser hanya perlu melalukan redesain untuk Pelabuhan Senaken agar bisa direvitalisasi. Yang jelas untuk pengerukan agak susah dilakukan karena saat ini program itu tidak dilaksanakan di Kementerian Peehubungan,” jelas Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Ir Cucu Mulyana DESS.

Di sisi lain Bupati dr Fahmi Fadli mengatakan bahwa revitalisasi Pelabuhan Senaken akan sangat membantu memaksimalkan transportasi di Paser. Bupati mengatakan bahwa perhubuangan melalui sungai masih menjadi andalan sebagian masyarakat Paser, melihat kenyataan bahwa Paser belum bisa sepenuhnya mengandalkan transportasi darat, yang masih sangat memprihatinkan. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1302 detik dengan memori 0.82MB.