Berita:Dekranasda Bina Pengrajin di Olung dan Kayungo Sari

Siaran Pers

TANA PASER – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Paser kembali melanjutkan kunjungan kepada para pengrajin. Setelah Laburan dan Brewe, kali ini Dekranasda yang diwakili Sekretaris Jon Jauhari mengunjungi pengrajin tenun di Olung dan Kayungo Sari Kecamatan Long Ikis.

Di Desa Olung, ada dua pengrajin tenun yang didatangi Jon Jauhari bersama Agus Supandi, tenaga penyuluh lapangan Lina Humairo dan humas Dekranasda Kadir Sambolangi pada Kamis (6/2), yaitu Rosa dan Yanti. Di sini Jon mengatakan bahwa hasil tenun mereka akan digunakan sebagai bahan untuk membuat baju bagi perwakilan dari Kalimantan Timur pada saat Rakernas Dekranasda yang akan datang.

“Untuk itu saya perlu 12 hasil tenun yang bentuk, corak dan ukurannya persis sama. Itu akan dibuat sebagai baju untuk para ketua Dekranasda kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur. Agar bisa cepat selesai saya harapkan bu Rosa kerja sama dengan bu Yanti,” jelas Jon kepada masing-masing pengrajin secara terpisah.

Di rumah Yanti, Dekranasda melihat proses pembuatan kain tenun secara manual yang gambar corak dasarnya dibuat di atas kertas strimin. Jon memberikan semangat kepada para pengrajin agar semakin banyak membuat karya dalam bentuk corak Paser. “Target kita bukan cuma Rakernas ini. Kita akan mengikuti beberapa kegiatan lain yang akan datang dan tentunya perlu hasil dari para pengrajin, yang bercorak Paser,” pecan Jon.

Sementara itu di Desa Kayungo Sari, rombongan Dekranasda sedianya akan mendatangi pengrajin Hadijah, namun yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat. Jadi bahan tenun berupa benang yang akan diserahkan kepada Hadijah diberikan ke pegawai Puskesmas Pembantu Kayungo Sari. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1757 detik dengan memori 0.96MB.