Berita:DAS Kandilo Meluap, BPBD Himbau Warga Waspada

Siaran Pers

TANA PASER- Curah hujan tinggi di sejumlah wilayah di Tanah Air mengakibatkan sungai meluap. Di Kalimantan Timur, Kabupaten Paser, air luapan anak Sungai Kandilo  merendam  sejumlah desa di enam kecamatan.

    Kecamatan yang terendam banjir akibat lupan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kandilo meliputi sejumlah desa di wilayah  Kecamatan Long Kali,  Long Ikis, Muara Samu, Batu Sopang dan Kecamatan Muara Komam.

    Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser, sekitar 130  rumah dan fasilitas pendidikan serta desa  di Kelurahan Long Ikis terendam banjir  setinggi 2 meter.

    Banjir yang mulai menyusut sejak Senin (11/2) diduga akibat luapan air Sungai Sekurau yang merupakan anak sungai Kandilo. BPBD telah mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

     Selain di di kelurahan Long Ikis, sejumlah desa di Kecamatan Long Kali, Muara Samu serta sejumlah desa di Kecamatan Muara Komam, Long Kali dan Batu Sopang , banjir juga melanda sejumlah  desa sejak Senin  (11/2).

    Sementara, BPBD Kabupaten Paser mengeluarkan  mengimbau kepada masyarakat, terutama yang tinggal dipinggiran Daerah Aliran Sungai  agar siaga dan waspada terhadap banjir. Sebab, beberapa hari belakangan ini curah hujan cukup tinggi dan dibeberapa wilayah di Kabupaten Paser yang berdampak meluapnya DAS Kandilo.

    "Beberapa hari belakangan, dibeberapa wilayah kita sudah mulai banjir, namun sekarang sudah surut. Karena itu, kita imbau kepada masyarakat yang pemukimannya berada didekat sungai, agar waspada dan siaga. Sehingga, apabila datang banjir warga sudah siap dan bisa segera melapor ke BPBD," kata Kepala BPBD Paser Edwar Efendi.

     Dikatakan, untuk mengantisipasi banjir seiring meningkatnya intensitas curah hujan saat ini, saat ini Posko BPBD siap menerima laporan dan laporan akan ditindak lanjuti dengan  turun kelokasi dengan  personil terlatih dan dilengkapi peralatan pendukung untuk tindakan reaksi cepat. (har-/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1494 detik dengan memori 1.04MB.