Berita:CSS XIX Akkopsi Keluarkan Deklarasi Banjarmasin

Siaran Pers

TANA PASER- Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi), City Sanitation Summit (CSS) XIX tahun 2019 yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin, berhasil mengelurkan sebuah deklarasi yang disebut juga sebagai Deklarasi Banjarmasin.

Ketentuan tercantum dalam deklarasi  yang dihadiri Wakil Bupati Paser H Kaharuddin adalah kepemimpinan kuat untuk keberlajutan sanitasi aman.

Deklarasi tersebut meliputi  mengkonsolidasikan seluruh sumber daya dan mewujudkan pencapaian SPM yang ada melalui peningkatan alokasi dana desa atau kelurahan partisifasi dunia usaha, pemanfaatan dana zakat, infaq, sadaqah, wakaf atau ziswaf, dan mengkonsolidasikan seluruh sumber dana masyarakat, mitra pembangunan, lembaga kredit mikro dan hibah perorangan atau kelompok.

Selanjutnya adalah menyelenggarakan layanan sanitasi menyeluruh berkelanjutan menuju sanitasi aman melalui pemisahan regulator dan operator, peningkatan kapasitas kelembagaan serta peyertaan modal bagi daerah yang memiliki badan usaha layanan sanitasi.

Merekomendasikan kepada pemerintah pusat dengan menyiapkan strategi dan arah kebijakan, dukungan pembiayaan untuk pelaksanaan implementasi yang responsif terhadap variasi kebutuhan daerah (kabupaten atau kota).

Kemudian memperluas tugas provinsi untuk pelaksanaan dukungan pembiyaan di bidang sanitasi, dan memberikan penghargaan atau insentif kepada pemerintah kabupaten atau kota yang telah berhasil dalam pencapaian target sanitasi.(har-/humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2489 detik dengan memori 2.78MB.