Berita:Covid-19 di Paser Didominasi 3 Klaster

Siaran Pers

TANA PASER – Hingga pekan kedua Juli 2020, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Paser mencapai angka 54 orang. Dari keseluruhan jumlah ini, ada tiga kelompok atau klaster besar yang mendominasi, yaitu klaster Gowa, cuti perusahaan dan Psr 23.

Klaster Gowa berjumlah 14 orang, yang merupakan pasien dengan riwayat perjalanan ijtima Gowa Februari lalu, terdiri dari 9 orang peserta ijtima dan 5 lainya merupakan keluarganya yang ikut terkonfirmasi. Semuanya kini telah sehat dan kembali ke rumah masing-masing.

Yang kedua, adalah klaster cuti perusahaan. Mereka semuanya 13 orang. Disebut klaster cuti perusahaan, karena 10 di antaranya merupakan karyawan perusahaan yang mengambil cuti dan melakukan perjalanan keluar Kabupaten Paser. Saat kembali, mereka mengikuti tes swab di Balikpapan dan dinyatakan positif. Selain itu ada 3 orang yang merupakan keluarga salah satu karyawan.

Untuk klaster ini, 10 karyawan diisolasi di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Delapan di antaranya adalah karyawan perusahaan di Paser, sementara dua lainnya adalah karyawan di Kutai Kartanegara yang pulang ke Paser untuk cuti. Di RSPB kini masih ada dua pasien yang dirawat.

Adapun 3 orang yang merupakan keluarga salah satu karyawan, hingga kini masih dirawat di ruang isolasi eks RSUD Panglima Sebaya.

Berikutnya, klaster Psr 23. Ini merupakan pasien dengan diduga memiliki kontak erat dengan Psr 23, pasien yang meninggal dunia 18 Juni 2020 lalu. Jumlahnya 19 orang termasuk Psr 23, lalu keluarga, kerabat dan staf RSUD Panglima Sebaya. Semua pasien masih dirawat di ruang isolasi.

Di luar dari ketiga klaster besar ini, ada 8 pasien yang diduga terkontaminasi melalui transmisi lokal atau di tempat lain. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1465 detik dengan memori 0.95MB.