Berita:Bupati Tanda Tangan Optimalisasi Pajak

Siaran Pers

TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi bersama walikota dan bupati lain se-Kalimantan Timur melakukan penandatanganan MoU dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Nor tentang Optimalisasi Pajak, yang berlangsung di aula Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Selasa (13/8).

Menurut Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, salah satu tujuan dari MoU ini adalah untuk meningkatkan pendapatan daerah yang akan menunjang pertumbuhan ekonomi. Dikatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur dalam dua tahun terakhir sekitar 5.3 persen, atau hampir menyamai pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu kepala Bagian Pemerintahan Setda Paser Siti Makiah mengatakan bahwa khusus MoU antara Gubernur Kalimantan Timur dan Bupati Paser memiliki setidaknya tiga tujuan. Yaitu meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Paser dalam hal peningkatan pengelolaan penerimaan pajak kedua pihak, lalu optimalisasi potensi pajak daerah/menggali sumber - sumber  potensi pajak daerah yang berada di Paser guna mendorong peningkatan penerimaan pajak daerah dan dana bagi hasil pajak daerah bagian Paser, dan terakhir enyamakan presepsi dan mencari solusi setiap permasalahan yang muncul akibat penyelenggaraan pengelolaan pajak daerah Provinsi Kaltim yang menjadi bagian Kabupaten Paser.

Sedangkan ruang lingkup kesepakatan ini, kata Makiah, ada enam, yaitu Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pengelolaan Pendapatan Daerah, Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pengelolaan Pendapatan Daerah, Pengawasan penganggaran dan pemanfaatan dana bagi hasil pajak rokok, lalu monitoring dan evaluasi terhadap kendaraan yang tidak melakukan pendaftaran ulang yang berada di wilayah Kabupaten Paser.

Selanjutnya, Intensifikasi Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Intensifikasi penerimaan negara bukan pajak dari sektor pertambangan umum mineral dan batu bara, perkebunan dan perhutanan, dan terakhir, penelusuran dan percepatan realisasi atas tunggakan pajak kendaraan dinas yang ada di lingkup kerja Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Paser. (aks)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1286 detik dengan memori 2.77MB.