Berita:Bupati Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Siaran Pers

TANA PASER- Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten  Paser, Jumat (1/6)  yang digelar di Halaman Kantor Bupati Paser.

          Upacara hari lahirnya Pancasila ke-2 tahun 2018 diikuti unsur TNI, Polri, Satpol PP, Korpri, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser. 

Tampak hadir dalam upacara tersebutKetua DPRD Paser H Kaharuddin, Sekda Paserb AS Fathur Rahman serta  anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Paser,  Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab  Paser dan organisasi kewanitaan seperti diantaranya Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari.

Upacara yang berlangsung khidmat, ditandai pengibaran benderah merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra),  kemudian pembacaan Teks Pancasila oleh Bupati dan diikuti oleh seluruh peserta upacara dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh perwira Kodim 0904.

Bupati Paser selaku Inspektur upacara, saat membacakan Pidato Presiden Indonesia, Joko Widodo menegaskan upacara peringatan hari lahir Pancasila untuk yang kedua kalinya ini meneguhkan komitmen bersama agar lebih  mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu Presiden  menekankan Bangsa Indonesia baik TNI, Polri, ASN dan masyarakat sipil harus tetap menjunjung tinggi komitmen untuk senantiasa mempertahankan ideologi Pancasila. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang diawali dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, yang tertuang dalam Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final dalam Pembukaan UUD 45 tanggal 18 Agustus 1945.(har/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1203 detik dengan memori 2.79MB.