Berita:Bupati Paser Tinjau Langsung Pekerjaan Tanggap Darurat

Siaran Pers

Inginkan Pembangunan Berjalan dengan Baik

TANA PASER – Ditengah kondisi keuangan daerah yang terbatas, Pemerintah Kabupaten Paser terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, dan pendidikan, terutama sarana jalan yang memadai. Demi memastikan pembangunan berjalan dengan baik, Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi terjun langsung meninjau pekerjaan tanggap darurat Simpang Pait – Lambakan, Senin (2/10).

Turut hadir mendampingi Bupati Paser, Asisten Ekonomi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Sosial, Camat Long Ikis, dan Camat Long Kali

Pekerjaan tanggap darurat ini meliputi perbaikan jalan yang cukup parah yang melintasi delapan desa, yaitu Desa Pait, Desa Sawit Jaya, Desa Long Gelang, Desa Tiwei, Desa Belimbing, Desa Pinang Jatus, Desa Perkuwen dan Desa Muara Lambakan . Mengingat jalan tersebut termasuk jalan Provinsi, hal itulah yang membuat Pemkab Paser tidak bisa sembarangan dalam mengambil tindakan dan melakukan sejumlah perbaikan.

Namun karena kerusakan tersebut harus segera ditangani dan jalan tersebut merupakan jalan yang selama ini menjadi jalur satu-satunya masyarakat desa untuk menuju ibu kota Kecamatan dan Kabupaten, Pemkab berusaha menindaklanjutinya melalui kegiatan tanggap darurat. Adapun kegiatan tanggap darurat ini masuk dalam APBD perubahan 2017.

“Jalan ini merupakan jalan provinsi yang menjadi wewenang dan tanggung jawab provinsi, namun pemkab berupaya memperbaikinya melalui kegiatan tanggap darurat,” jelas Bupati dihadapan Forkopimcam Long Ikis dan Long Kali yang turut ikut dalam rombongan.

Dari hasil peninjauan beberapa titik jalan sudah dilakukan penanganan, yaitu dengan menutup beberapa lubang dan pengerasan jalan yang berlumpur dengan bebatuan. Namun diakui Yusriansyah, penanganan yang dilakukan Pemkab Paser bersifat sementara di beberapa titik yang parah, tetapi perawatan berkala secara menyeluruh sesuai aturan adalah diluar kewenangan pemkab Paser yakni kewenangan Provinsi, termasuk didalamnya proses penganggaran dan pelaksanaan.

Selain meninjau jalan Yusriansyah juga menyempatkan untuk singgah ke beberapa Kantor Desa yaitu Kantor Desa Long Gelang, Desa Belimbing, dan Desa Tiwei. Dalam kesempatan itu Bupati juga berdialog dengan masing-masing Kepala Desa membahas pembangunan desa, mengingat saat ini pembangunan desa menjadi prioritas daerah

“Jadi kepada para Kepala Desa saya harap untuk selalu berkoordinasi dengan Camat dalam hal perencanaan anggaran, harus dipilah, program mana yang dianggap prioritas dan mendesak, program mana yang termasuk APBD dan yang termasuk dana desa,” kata Yusriansyah.

Kunjungan kerja ini juga meliputi peninjauan lokasi Komunitas Adat Terpencil (KAT) Liombe Desa Pinang Jatus dan peninjauan beberapa pembangunan fasilitas kesehatan yaitu pembangunan Gedung Rawat Inap Puskesmas Long Ikis yang termasuk dalam APBD 2017 dan pembangunan Puskesmas Krayan di Desa Krayan Sentosa dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat tahun 2017. (hum-anc)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1653 detik dengan memori 0.96MB.