Berita:Bupati Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di PT. Kideco Jaya Agung

Siaran Pers

Tana Paser - Pemerintah Kabupaten Paser bersama PT Kideco Jaya Agung (KJA) menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan dihalaman Kantor Administrasi PT KJA, Senin (18/7).

            Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi, upacara ini juga dihadiri pejabat di lingkungan Pemkab Paser, pimpinan beserta segenap jajaran PT KJA dan juga perusahaan-perusahaan mitra kerja dan sub kontraktornya.
           Kegiatan peringatan ini ditandai dengan pelepasan 150 jenis burung sebagai simbol menyatunya manusia dengan alam sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017, yakni Connecting People to Nature atau menghubungkan manusia dengan alam.

            Pada kesempatan tersebut juga diberikan beberapa penghargaan diantaranya penghargaan berupa peringkat emas properda dan peringkat hijau pada proper nasional tahun 2017/2018 serta peringkat aditama dalam pengelolaan lingkungan pertambangan KESDM 2016/2017 kepada PT KJA. Selain itu juga penyerahan piagam penghargaan kepada perusahaan-perusahaan mitra kerja PT KJA atas komitmennya dalam ketaatan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
            Semaraknya kegiatan semakin asyik saat Dinas Kesehatan Kabupaten Paser mensosialisasikan kampanye gemar makan sehat dan senam sehat yang sangat antusias diikuti oleh peserta upacara termasuk Bupati dan tamu undangan.
            Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Yusriansyah Syarkawi mengatakan menata hubungan antara alam dan manusia bukan hanya sekedar pengelolaan sumber daya alam untuk tujuan profit manusia.
            “Lingkungan atau alam memiliki arti besar dan bisa dikatakan menentukan hidup manusia. Kerena fungsi-fungsi alam yang bekerja juga manusia sekaligus manusia menjadi bagian dalam landscape ecology alam tersebut” jelasnya.
            Fungi-fungsi alam itu lanjutnya meliputi, Pertama fungsi regulasi, terkait dengan kapasitas ekosistem alam untuk mengatur proses ekologis yang esensial untuk menunjang sistem kehidupan dan sebaliknya juga mempertahankan kesehatan lingkungan dengan menyediakan udara bersih, air dan tanah.
            Kedua, fungsi pembawa atau carier dari alam yang menyediakan ruang dan bahan atau medium yang sesuai untuk aktivitas manusia seperti kebiasaannya, rekrasi dan cocok tanam.
            Ketiga, fungsi Produksi alam yang menyediakan berbagai sumberdaya mulai dari pangan, bahan mentah untuk industri, energi sampai kepada material genetik.
Keempat Fungsi Informasi, dimana alam memberi kontribusi kepada manusia untuk kesehatan mental dengan menyediakan kesempatan untuk refleksi, pencerahan spritual, membangun kognitif dan pengalaman estetika.
            “Saya berharap lindungi alam kita, lindungi Indonesia kita, jaga keaneka ragaman hayati dan budaya, yang berarti kita memberi kontribusi menjaga negara dan bangsa ini. Mari berbuat meski sedikit saja bagi Indonesia kita tercinta,” tutupnya.
            Diakhir kegiatan seluruh peserta dan tamu undangan diberikan kupon untuk mendapat pelayanan kesehatan secara gratis oleh tim medis yang telah disediakan panitia di lokasi acara. (mhi)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1611 detik dengan memori 0.96MB.