Berita:Buka Seminar DAS Kandilo, Wabup Kembali Sentil Dualisme KNPI

Siaran Pers

TANA PASER- Wakil Bupati Paser H Kaharuddin  mengajak semua elemen kepemudaan yang tergabung dalam KNPI di Kabupaten Paser  untuk melihat kembali tujuan sebagai wadah pemersatu pemuda.

Menurut Wabup yang kembali sentil KNPI  karena  masih dualisme saat membuka seminar Daerah Aliran Sungai (DAS) Kandilo,   dengan melihat tujuan  KNPI akan terbebas dari dualisme sebagai tempat bernaung bagi para pemuda untuk menanamkan kegiatan positif.

Karena itu Wabup  berharap  dengan hari sumpah pemuda ke-91, dapat dijadikan  momen tepat untuk KNPI menjadi wadah untuk menghimpun pemuda agar memiliki identitas, dan menjadi contoh serta memberikan inspirasi serta siap memimpin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lebih baik di masa depan.

Terkait seminar DAS Kandilo, Kaharuddin menegaskan tugas pemerintah dibantu lembaga dan organisasi terkait yang memonitoring, mengkaji, memfasilitasi dan merekomendasikan pelaksanaan dan kebijakan serta regulasi pengelolaan DAS di wilayah Kabupaten Paser.

Tentunya kita berharap memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga kelestarian DAS  yang memberikan  hubungan timbal balik antara manusia dan alam, demi kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat tanpa merusak DAS,” katanya.

 Wabup berharap seminar ini bersifat independen dan profesional, bebas pamrih, bebas ego,  bebas KKN dan non-struktural. Yang merupakan kumpulan orang-orang yang kompeten dan kritis dari berbagai unsur, baik dari tokoh masyarakat, LSM, Legislatif dan birokrat sehingga dapat menghasilkan rekomendasi solutif konstruktif terhadap permasalahan yang terjadi di DAS Kandilo. 

 Kabupaten Paser sendiri memiliki beberapa DAS yaitu Sungai Telake, Sungai Kandilo, Sungai Apar Besar, dan Sungai Kerang. Saya percaya bahwa saudara sekalian mengetahui kondisi sungai-sungai tersebut.Harapan saya, kedepannya ini dapat mempertajam keberadaannya agar dapat dirasakan faedahnya bagi masyarakat Paser,” pesan Wabup.

 Upaya pengelolaan DAS yang berkelanjutan tambah Wabup  perlu dilakukan secara terpadu berdasarkan prinsip kelestarian sumberdaya yang menyiratkan keterpaduan antara prinsip produktifitas dan konservasi sumberdaya.

Seminar DAS Kandilo digelar DPD KNPI Paser bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Selasa (29/10)  di Gedung perempuan Berjaya ditandai penandangan komitmen bersama menyelamatkan DAS Kandilo diawali oleh Wabup Paser.

Kegiatan yang melibatkan pelajar, mahasiswa, unsur masyarakat, dinas terkait serta beberapa camat dan kepala desa yang bersentuhan langsung dengan DAS Kandilo, dihadiri anggota DPRD Paser Rofii, Kabid Pengendalian dan Pencemaran DLH Achmad Safari serta undagan  lainnya.

Ketua KNPI Paser Eko berharap seminar ini ada melahirkan pemikiran bermanfaat untuk memperbaiki DAS Kandilo dengan tidak lanjut ada sosialisasi tentang pentingnya peduli terhadap lingkungan dan termasuk pembentukan komunitas peduli lingkungan serta kegiatan penghijauan di daerah sempadan DAS Kandilo. (har-/humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2671 detik dengan memori 2.78MB.