Berita:BNN Fasilitasi Siswa tak Mampu

Siaran Pers

TANA PASER – Polemik yang beredar sepekan terakhir terkait tes urin bagi calon siswa baru mendapat respon positif dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Paser. Kepala Bagian Bina Kesra I Nonding mengatakan bahwa BNN siap membantu meringankan biaya tes urin khusus bagi warga tidak mampu.

“Warga silakan datang ke Bagian Bina Kesra I Sekretariat Daerah Kabupaten Paser dengan membawa dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa atau Lurah dan surat keterangan berpenghasilan rendah,” jelas Nonding.

Nonding mengakui pemberitaan di media merupakan representasi dari sikap reaktif masyarakat yang merasakan tes urin membebani secara ekonomi. “Kita tidak bisa mengabaikan suara-suara seperti ini dan berlindung di balik aturan, karena faktanya ada memang masyarakat yang tidak mampu membayar biaya tes urin,” lanjutnya.

Seperti diwartakan, kebijakan baru Pemeriintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur memberlakukan tes urin sebagai salah satu syarat pendaftaran bagi siswa baru.

Meski dikatakan bahwa hasil tes ini bukan syarat utama diterima atau tidaknya siswa yang bersangkutan, bagi sejumlah masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah merasakan dampak yang luar biasa. (ak)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2869 detik dengan memori 0.95MB.