Berita:Bentuk Satgas Covid-19, Tindaklanjuti Perpres No 82 Tahun 2020

Siaran Pers

TANA PASER- Wakil Bupati Paser H Kaharuddin bersama unsur Forkopimda, anggota DPRD dan Sekda Katsul Wijaya ikuti rapat rencana Pembentukan Satuan Tugas Covid-19 Tahun 2020 dan melakukan pembahasan mengenai perkembangan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Paser, Senin (18/10).

 Dalam rapat yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana dan diikuti sejumlah unsur dinas terkait, Pemkab Paser akan mengikuti Peraturan Presiden (Perpres) tentang pembubaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan dalam Perpres tersebut disebutkan Tim Gugus Tugas diganti dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ina Rosana, untuk mengakomodir kinerja komite baru ini, dan dalam Perpres tersebut juga disebutkan mengenai pembubaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, baik dilevel Pusat atau Daerah yang selama ini dikenal publik sebagai lembaga yang menangani  Covid-19.

Pemerintah Pusat telah menerbitkan Perpres  Nomor 82 Tahun 2020 terkait pembentukan komite Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional (PEN). Komite tersebut terdiri dari tiga bagian, yakni Komite Kebijakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi,” kata Ina.

Dikatakannya, persoalan kesehatan merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari lanskap ekonomi, dan penanganan terhadap kedua sektor tersebut, apalagi ditengah pandemi Covid-19 seperti ini, harus sejalan secara beriringan dan terpadu.

Untuk itulah pemerintah pusat mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 Tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional  untuk memastikan agar penanganan dan keseimbangan antara keduanya berjalan dengan baik,” jelas Ina.

Sedangkan dasar hukum pembubaran  Gugus Tugas  Covid-19 lanjutnya  tertuang dalam Pasal 20 Perpres tersebut, yang menyatakan mencabut Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dalam Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1754 detik dengan memori 0.96MB.