Berita:“Beda Zaman, Tentu Beda Pula Tantangannya” Selamat Hari Jadi Kabupaten Paser ke-60

Siaran Pers

Penulis: Harmin /staf Humas

TANPA  terasa, tepatnya  29 Desember 2019, Ahad hari ini  Kabupaten Paser telah berusia 60 tahun. Sejarah panjang pun telah ditorehkan dalam perjalanannya dari mulai berbentuk kerajaan Sadurengas hingga menjadi sebuah kabupaten Paser sekarang ini.

Perjalanan panjang ini membuktikan bahwa Bumi Daya Taka   mampu bereksistensi dan tak lapuk di makan zaman dan mempunyai daya saing dalam era globalisasi. Hari Jadi Paser ke-60  tahun ini merupakan hari jadi ke-4  di masa kepemimpinan H Yusriansyah Syarkawi bersama  Wabup H Kaharuddin.

Konsep kepemimpinan partisipatifnya yang selalu berusaha menyerap aspirasi seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan mampu menjawab berbagai macam kendala yang dihadapi kabupaten paling selatan di Provinsi Kaltim ini.

Fokus menitikberatkan pada pengembangan pertanian dalam arti luas, perkebunan dan sektor perikanan dan kelautan  agar menjadi yang termaju di wilayah Kaltim,  perlu mendapat dukungan dari masyarakat. Pasalnya, sektor-sektor tersebut  merupakan potensi terbesar yang dimiliki oleh Kabupaten Paser.

Selain memiliki potensi luar biasa di segala sektor, mulai dari kawasan daratan, laut, sungai, pertanian, dan lainnya termasuk ragam etnis dan kebudayaan serta sejarah, menjadikan daerah ini layak disebut miniatur Indonesia.

Membandingkan kemajuan kepemimpinan dengan masa kejayaan pemerintahan yang lalu,  itu mungkin tak bisa berbanding. Beda zaman tentu beda pula tantangannya.

Sangat bijaksana bila refleksinya dilihat dari sudut pandang kemajuan yang diperoleh dari dua masa berbeda tersebut.

Beberapa persoalan masyarakatpun masih belum terselesaikan sampai hari ini, baik pembangunan inprastruktur,  pendidikan dan lainnya, sangat  sulit diselesaikan. Pada usia ke- 60  tahun ini butuh keseriusan lebih dalam menyelesaikan permasalahan- permasalahan yang terjadi. 

Namun pesatnya perkembangan teknologi menuntut Kabupaten Paser untuk menjadi daerah yang modern berdasarkan pada prinsip- prinsip good governance. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Dalam arti yang luas bukan sekedar pada pembangunan fisik semata, melainkan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, agar berhasil menjadikan Kabupaten Paser yang Cerdas, Makmur, Religis serta berwawasan lingkungan.

Di hari jadi Kabupaten Paser hari  ini harapan dan keinginan masyarakat semoga dapat terpenuhi seutuhnya sesuai visi "Terwujudnya Kabupaten Paser yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.

Selamat hari jadi Kabupaten Paser yang ke-60 tahun.Semoga tujuan pembangunan Kabupaten Paser  berorientasi pada kebutuhan dasar yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat.  Mari kita pererat ukhuwah menyonsong tahun 2020 untuk membangun Bumi Daya Taka menuju Paser maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan. (*)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1542 detik dengan memori 2.8MB.