Berita:Bappeda Presentasi Rencana Tata Guna Lahan Untuk Mendukung Pembangunan Rendah Emisi.

Siaran Pers

TANA PASER – Dalam rangka berperan aktif dalam upaya penurunan emisi dari sektor berbasis lahan dan mendukung pembangunan rendah emisi, Pemerintah Kabupaten Paser melalui Kelompok Kerja Perencanaan Pembangunan Ekonomi Hijau, yaitu dengan melaksanakan Perencanaan Tata Guna Lahan mendukung pembangunan rendah Emisi di Kabupaten Paser. Presentasi berlangsung di pendopo Bupati, Kamis (26/01).
            Kegiatan ini diharapkan akan menjadi wahana untuk berdiskusi dan memperoleh  masukan-masukan strategis dari para pemangku kepentingan yang lebih luas sehingga dapat terbentuk kesepahaman dan komitmen bersama yang bermuara pada tercapainya partisipasi aktif dan dukungan multipihak dalam membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser dalam mewujudkan strategi tataguna lahan untuk mendukung pembangunan rendah emisi di Kabupaten Paser.
            Dalam sambutan Wakil Bupati Paser HM Mardikasyah menjelaskan dukungannya demi terlaksananya rencana Tata Guna Lahan untuk mendukung pembangunan rendah emisi ini. “Pembangunan rendah emisi merupakan kebijakan yang akan menyempurnakan kebijakan pengelolaan ruang yang telah dikeluarkan melalui penunjukan kawasan dan rencana tata ruang wilayah, sehingga strategi tata guna lahan, akan memberikan arahan yang lebih jelas untuk semua pihak dalam melakukan kegiatan pembangunan berbasis lahan di Kabupaten Paser,” kata Mardikansyah.
            Saat ini dibutuhkan komitmen bersama antara pemerintah, pihak swasta, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk bersama-sama memperbaiki kondisi lingkungan di Kabupaten Paser serta mentaati tata ruang yang telah ditetapkan,” jelas Mardikansyah.
               Sementara itu Tim Pokja menjelaskan kegiatan GE-LAMA-1 masuk dalam kesepakatan kerjasama pembangunan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman.
Dijelaskan peningkatan kapasitas dalam pengembangan dan pelaksanaan 4 empat  inisiatif nama dengan pertumbuhan hijau yang bertujuan untuk menurunkan emisi GRK dari Sektor Pertanian, kehutanan dan penggunaan lahan lainnya serta promosi pertumbuhan social ekonomi di tingkat nasional dab di tingkat daerah yang terpilih di Indonesia.
               Selain Wakil Bupati Paser HM Mardikasyah, hadir pula Kepala Bappeda I Gusti Putu Suantara, Asisten ekonomi Karoding P, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Ishak, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser Hj. Ina Rosana, kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Hadijah, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Akhdiat. (YR)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2030 detik dengan memori 0.96MB.