Berita:429 Siswa Ikuti Tes SNPDB MAN IC Paser

Siaran Pers

Tana Paser - Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini, Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dengan sistem boarding school (sekolah berasrama) di bawah naungan Kementerian Agama kembali diselenggarakan, Sabtu-Ahad (27-28 Pebruari 2021). Secara nasional, sebanyak 15.292 siswa akan bertarung memperebutkan 2.883 kursi yang tersedia di 23 MAN IC, 17 MAN Program Khusus (MANPK), dan 2 MA Kejuruan Negeri (MAKN). Pelaksanaan berlangusng di 61 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Khusus MAN IC Paser, sebanyak 429 siswa dari MTs/SMP bertarung untuk memeperebutkan 120 kursi. Tes dilaksanakan secara daring di tempat masing-masing sesuai dengan pilihan siswa. Ada yang memilih di rumah, di sekolah, dan ada yang memilih tes di Kampus MAN IC Paser. Siswa yang memilih di MAN IC Paser sebanyak 33 siswa, selebihnya di rumah dan di sekolah masing-masing.

Sebagai madrasah akademik dengan sistem sekolah berasrama bertarap Nasional, secara grafik peminatnya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Khusus MAN IC Paser, dari 429 peserta SNPDB dilihat dari asal sekolah tidak hanya dari Paser, tetapi juga ada yang dari Aceh, Pulau Jawa, dan pulau Sulawesi.

Sebelumnya, Panitia Lokal SNPDB MAN IC Paser melaksanakan Uji Coba Computer Based Test(CBT) pada tanggal 24-25 Pebruari 2021 sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui beberapa kendala yang kemungkinan dihadapi oleh para siswa pada saat berlangsung ujian secara online atau daring(dalam jaringan). Uji coba dilakukan juga untuk meminimalisasi berbagai problem yang bisa saja mengganggu jalannya pelaksanaan ujian CBT tersebut. 

Dalam CBT SNPDB tersebut para peserta mengerjakan beberapa soal untuk menguji potensi skolastik mereka berupa kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian. Selain itu ada tes potensi akademik yang meliputi bidang studi Matematika, IPA mencakup Fisika dan Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Pendidikan Agama Islam.*(Humas_ICPaser)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1214 detik dengan memori 0.94MB.